Arsip Kategori: Beauty

Manfaat Air Leri

by Ike Dian Puspita

Kulit Wajah Cerah Bersinar dengan Air Leri (bekas cucian beras)

Ilustrasi air beras. ©shutterstock

“Ke, itu air cucian beras jangan dibuang. Ibu dulu sering cuci muka pake air bekas cucian beras.”

Oh..ya..keren dong ya, pantesan wajah ibu tetap bersih cerah sampe sekarang meski sudah memasuki usia berkepala enam. Itulah awalnya kenapa sekarang saya rajin panen air cucian beras ketika hendak menanak nasi.

Sebenarnya sudah sering sih saya dengar-dengar tentang manfaat air leri (air bekas cucian beras) untuk kecantikan. Tapi baru-baru ini saya mulai mempraktekkannya. Dulu sekedar tahu saja, tapi malas mempraktekkan. Alasannya klasik, rutinitas ibu rumah tangga kadang-kadang mengalahkan keinginan untuk sekedar “memanja-manja” diri. Padahal itu juga penting ya kan buuuk.

Ah males, capek..! gitu deh. Akhirnya gak pernah kesampaian juga untuk mempraktekkan salah satu cara perawatan kecantikan alami ini.

Nah, sekarang sudah semingguan ini nih saya pake air bekas cucian beras untuk cuci muka di pagi hari atau di malam hari sebelum tidur.

Biasanya saya menggunakan air cucian pertama. Meski menurut beberapa referensi air cucian pertama itu kotor, tapi menurut saya justru kandungan patinya lebih banyak dibandingkan pada cucian kedua dan seterusnya. Saya juga mulai berselancar dan konsultasi dengan eyang Gugel, mencari-cari informasi soal manfaat air leri ini.

Gambar oleh JIb_Enjoy dari Pixabay 

Ternyata sudah banyak yang menuliskan manfaat air cucian beras atau air leri ini untuk kecantikan wajah dan rambut. Air cucian beras diyakini mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin B dan E, asam amino, mineral serta zat-zat antioksidan. Merangkum hasil penelusuran yang sudah saya lakukan, berikut manfaat air cucian beras ini :

1. Mencerahkan kulit wajah

Kandungan gamma-oyzanol yang terdapat dalam air cucian beras dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah. Bahan ini mampu mengurangi proses pigmentasi yang terjadi di kulit wajah.

2. Menghilangkan flek hitam

Vitamin E dan kandungan oryzanolnya mampu memudarkan flek-flek hitam yang ada di wajah. Ini yang terjadi pada wajah ibu saya. Kalau saya enggak lihat hasilnya sendiri pada ibu saya, mungkin saya masih akan meraba-raba seperti apa hasil akhirnya. Bagaimanapun juga saya bisa mengatakan bahwa wajah ibu memang terlihat lebih cerah dan bersih dari flek-flek hitam setelah beliau cerita bahwa  selama ini beliau rajin mencuci wajahnya dengan air cucian beras.

3. Mencegah penuaan dini

Selain mampu memudarkan flek-flek hitam di wajah, vitamin E juga bermanfaat menghambat proses penuaan dini (sebagai anti aging). Kandungan antioksidannya, allure dan ferulic acid mampu merangsang produksi kolagen di kulit wajah sehingga memperlambat proses munculnya kerutan. Sementara vitamin B kompleksnya yakni inositol membantu merangsang pertumbuhan sel yang sangat berguna dalam peremajaan kulit.

4. Mengatasi jerawat

Buat yang punya masalah dengan jerawat, bisa mulai mencoba air cucian beras ini, karena kandungan allantoinnya bersifat menenangkan dan meringankan peradangan kulit akibat jerawat. Kamu bisa menggunakannya sebagai toner atau pendingin wajah.

5. Memperbaiki tekstur kulit

Nah, ini nih yang jarang diulas dan diketahui orang. Tahukah kalau air cucian beras yang difermentasi itu bisa bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit? Air cucian beras yang difermentasi akan memproduksi pitera. Pitera inilah yang diyakini ampuh membuat kulit menjadi bening bercahaya. Bahkan nutrisi ini juga mampu menyembuhkan luka. Biasanya saya mendiamkan air bekas cucian beras ini semalam hingga dua malam agar terfermentasi. Baru setelahnya saya gunakan untuk membilas wajah.

Gimana? Ternyata manfaat limbah cucian beras ini luar biasa bukan?

Enggak usah mahal-mahal beli produk perawatan wajah. Cukup gunakan yang alami saja. Memanfaatkan limbah rumah tangga yang ada. Hasilnya memang tidak bisa terlihat dengan cepat sih. Berikhtiar untuk alami itu membutuhkan proses yang bertahap. Jadi bersabar saja. Dan yang pasti bahan alami lebih bersifat ramah pada kulit kita dan tidak memiliki efek yang negatif sepanjang penggunaannya dilakukan dengan baik dan benar.