Kategori
Writing Journal

Freewriting-in ajaah …

[ikedianpuspita.com] Mulai membuat tulisan itu sebenarnya enggak rumit-rumit amat. Kita bisa mulai dari topik apa pun yang kita suka. Tapi tetap saja ada orang-orang yang meragukan dirinya bisa menulis. Bahkan tidak percaya bahwa dirinya bisa menulis.

Ya menurut saya, ini sih hanya soal sudut pandang.

Bahkan, yang sudah pernah ikutan kelas-kelas online menulis, baik yang gratisan maupun yang berbayar, masih saja ada yang enggak pede memulai tulisannya sendiri. Heeem…salah satunya bisa jadi saya juga hahahaa..

dok.pri

Anyway, terima kasih pada penulis buku mas Anang YB, dari bukunya saya jadi lebih pede untuk menulis. Jurusnya sih simpel-simpel aja, yakni jurus FREEWRITING. Dan menurut saya, model penulisan free writing ini bagus banget buat penulis pemula maupun penulis yang “mejen” – penulis yang menulis tergantung dengan mood – penulis yang punya banyak gagasan tapi belum bisa mewujudkan tulisan sampai sekarang. (Hadeeehh…tipe yang kedua ini kenapa mirip banget sama saya yach… #tutupmuka).

Freewriting itu ya menulis bebas. Menulis apa pun yang kita pikirkan tanpa sensor, tanpa editing dalam satu waktu tertentu. Misalnya saja saya menulis bebas selama 15 menit pertama sebelum benar-benar melakukan analisis dan editing terhadap tulisan sendiri. Terus terang, style semacam ini sangat membantu saya lebih percaya diri dengan tulisan sendiri. Kuncinya rileks aja, enggak usah terlalu kenceng pikirannya, hehe…

Hasil tulisan dari style freewriting ini biasanya masih mentah. Masih perlu dimasak lagi agar lebih sedap dan nikmat dibaca. Makanya setelah melakukan freewriting jangan lupa untuk kembali memeriksa tulisanmu. Bagian mana yang perlu ditambah, bagian mana yang perlu dikurangi atau bahkan dihilangkan; dan bagian mana saja yang hanya perlu editing ringan. Dari situ, kamu pasti sudah mulai enjoy menulis.

Saat ide sedang bertengger di kepala, langsung saya ditulis, Jangan sampai hanya mengendap di angan-angan, ya kan?!

Kalau saya biasanya punya buku catatan tersendiri untuk mencatat ide yang tahu-tahu datang gak diundang. Jadi, suatu saat bisa dibuka kembali dan bisa menjadi salah satu inspirasi dalam menulis.

Gimana? Seru ya sepertinya nyoba gaya FREEWRITING 🙂 Coba deh!

ciaaoo…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s