7 Days Challenge For Productive Mom

[ikedianpuspita.com] Sebenarnya ini challenge ala-ala saya. Setelah beberapa kali ikut kelas online personal development dan mempraktekkannya dengan “berat” berkali-kali, hahahaa.. iya, berkali-kali karena selalu gagal menyelesaikan tantangan hingga akhir. Duh, kasian banget deh akyuu..

Akhirnya, saya menemukan pola yang cocok untuk saya.

Heem…semua hal di dunia ini membutuhkan proses. Bahkan tanaman pun berproses untuk tumbuh besar dan menjadi pohon hingga menghasilkan buah. So, saya ini naif sekali ketika berharap setelah ikut kelas online meningkatkan produktivitas diri langsung bisa produktif begitu saja tanpa menjalani prosesnya terlebih dahulu.

Jadi ingat, ada anak yang sedang belajar menghadapi ujian dan berharap nilainya bagus tapi cara belajarnya dengan membuat ramuan minuman dari kertas-kertas buku pelajarannya yang disobek-sobek, diaduk kemudian diminumnya sendiri. Berharap besok pagi, secara otomatis dia akan langsung tahu jawaban dari soal-soal ujiannya itu dengan benar.

Wkwkwkwk.. konyol!!

Nah, bukannya saya tadi juga berpikiran hampir sama dengan anak tadi? Hadeeeh…

Seorang bijak berkata, “Bagaimana caranya kamu menghabiskan seekor gajah?”

Tentu saja jawabannya ya dimakan. Tapi bagaimana caranya makan? Apakah langsung dicaplok begitu saja agar cepat habis? Mampukah kamu menghabiskannya dengan cara demikian?

Heem..mulai rada-rada filosofis ya..hehe..

Ya, jadi gitu, cara menghabiskan seekor gajah itu tadi tentu saja dengan cara memotongnya terlebih dahulu menjadi bagian-bagian kecil yang bisa kita makan, yang bisa masuk ke mulut kita. Berapa lama menghabiskannya? Tergantung kemampuanmu mencerna makanan itu hingga semua bagian dari gajah itu bisa masuk ke dalam tubuhmu. Bisa seminggu, sebulan atau beberapa bulan.

Begitu juga ketika kita ingin menjadi produktif.

Ada tahap-tahap yang perlu kita lalui dan kita bangun agar nantinya kita memiliki habit produktif yang terinstal secara otomatis. Tanpa harus berusaha keras menyuntikkan motivasi-motivasi dan inspirasi agar bisa bergerak produktif.

Motivasi itu perlu. Mencari inspirasi juga penting. Tapi dengan memiliki habit produktif, energi kita menjadi lebih efektif dan efisien untuk digunakan memikirkan hal lainnya lagi.

Produktif itu habit, bukan karakter dasar yang dibawa dari lahir. Kebiasaan-kebiasaan baik yang dibentuk menjadi pola hidup (habit) seseorang bisa menjadi karakter positif tertentu yang membuat orang tersebut mampu berkembang dan memiliki dampak dalam hidupnya.

Oke, balik ke bahasan tadi. Proses menjadi produktif itu kemudian saya adjust ke diri saya. Menjadi 7 tahapan sederhana [yang saya sebut disini sebagai 7 days challenge] yang mungkin sekali untuk bisa diduplikasi atau ditiru oleh siapa saja. Bisa banget di-customize sesuai kondisi dan situasi masing-masing.

Dibuat mudah saja ya kan, supaya kita pun enjoy menjalaninya.

Itu dia! Persoalan umum mental block yang terjadi ketika orang ingin benar-benar produktif adalah “berpikir pasti SULIT dahulu sebelum memulai”.

Makanya, salah seorang mentor saya memberi tips agar memasukkan kegiatan-kegiatan produktif itu dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya, membaca buku sebelum tidur, menulis 3 kalimat setelah bangun tidur di pagi hari, berolahraga 10 menit setiap hari sebelum beberes rumah, atau minum segelas air putih setelah bangun tidur. Bangun tidur, pergi tidur, melakukan house keeping, dll, semua itu aktivitas harian yang tidak memerlukan usaha keras setiap kali melakukannya.

Oke, mungkin saya akan membuat bahasan artikelnya di kesempatan lain.

Nah, 7 Days Challenge ala-ala saya itu antara lain saya tulis di bawah ini. Dan masing-masing akan saya buat menjadi 7 artikel terpisah untuk menjelaskannya. Kalian bisa mengklik tautan dari tulisan ini ya.

Hehe…doakan saya agar bisa selesai menulisnya satu persatu… huuh hhaah..syemangaaat!

Day 1 : Take Your Time

Day 2 : Bangun Lebih Pagi – Miliki Morning Routin

Day 3 : Selesaikan dalam 15 menit!

Day 4 : 1 menit yang berharga

Day 5 : Zero Inbox and Blocking Time

Day 6 : Tabungan Syukur

Day 7 : Enjoy Your Time!

Heem..seru gak kira-kira? Hehe.. buat yang tertarik ikutan challenge juga, selamat! Nikmatilah proses yang teman-teman alami ya.

Just be yourself and enjoy.

Leave a Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s